10 Ciri Guru Kreatif Yang Harus Dimiliki Guru Professional

10 Ciri Guru Kreatif Yang Harus Dimiliki Guru Professional | Kreatifitas guru sangat menentukan keberhasilan dari sebuah pembelajaran. Apalagi di zaman sekarang dimana karakter anak didik lebih kritis, sumber belajar lebih banyak dan tekanan kepada guru lebih berat. Misal, guru saat ini berbeda dengan guru zaman dulu. Kalau zaman dulu, guru membentak dan menjewer murid adalah hal biasa, tapi kalau itu terjadi dizaman sekarang maka guru akan dikasuskan. Hehehe....

Nah, dengan demikian maka guru dizaman sekarang harus benar-benar kreatif dalam menyajikan pembelajaran. Bagaimana caranya agar pembelajaran bisa disajikan dengan cara menyenangkan namun tetap mengena pada sasaran. Guru kreatif akan bisa menyajikan pembelajaran dengan berbagai metode agar semua siswa bisa menerima materi pembelajaran dengan baik. Lalu seperti apakah guru kreatif itu. 

Dalam artikel ini saya akan menyajikan 10 ciri guru kretif yang harus dimiliki guru professional. Namun sebelum berlanjut beriku saya kutipkan definsi guru dan kreatifitas. 

Guru adalah seorang pengajar suatu ilmu. Dalam bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.
 
Kreativitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan cara-cara baru dalam pemecahan masalah dan menemukan peluang (thinking new thing). 

Dari definisi di atas maka dapat disimpulkan pengertian dari guru kreatif sebagai berikut :
Guru kreatif adalah seorang pengajar kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan cara-cara baru dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Ciri guru kreatif adalah hal-hal yang dimiliki oleh seorang guru kreatif dalam menjalankan tugas professionalnya. Dari berbagai sumber yang saya baca, maka saya simpulkan bahwa guru kreatif memiliki 10 ciri. Apa saja ciri-cirinya?

Inilah 10 Ciri Guru Kreatif


 Ciri Guru Kreatif Yang Harus Dimiliki Guru Professional 10 Ciri Guru Kreatif Yang Harus Dimiliki Guru Professional
  1. memiliki cara-cara terbaru yang bersifat inovasi dalam mengembangkan model pembelajaran.
  2. memiliki kemampuan merancang dan mendisain perangkat pembelajaran secara mandiri
  3. memiliki kemampuan variatif dalam menyajikan materi pelajaran
  4. memiliki kemampuan menyajikan pembelajaran yang menyenangkan.
  5. memiliki jiwa optimis dalam melaksanakan tugas
  6. memiliki kemampuan memecahkan masalah dalam hubungan komunikasi social
  7. memiliki kemampuan melakukan eksperimen-eksperimen dalam menjalankan tugasnya
  8.  memiliki mindset baik dan selalu berpikir positif
  9. memiliki karakter taat beribadah
  10. memiliki pribadi yang bisa dijadikan panutan bagi siswa dan rekan sesama guru
Nah itulah 10 ciri guru kreatif yang harus dimiliki guru professional yang bisa saya sajikan untuk anda. Semoga menjadi inspirasi dan motivasi bagi anda para guru dalam menjalankan tugas professionalnya.
LihatTutupKomentar