Sayembara Menulis Surat Untuk Mendikbud Bagi Siswa Sd/Mi Dan Smp/Mts

Dalam rangka Bulan Bahasa dan Sastra 2016, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa mengajak belum dewasa siswa SD/Madrasah Ibtidaiah kelas 4, 5, dan 6 serta siswa SMP/Madrasah Tsanawiah kelas 7 di seluruh Indonesia untuk mengikuti sayembara menulis surat untuk Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dengan menulis surat, belum dewasa sanggup melatih cara memberikan perasaan dan pikiran dengan goresan pena dan bahasa yang baik. Selain itu, melalui acara ini, mereka pun sanggup menyalurkan minat dan talenta karang-mengarang. Kemampuan menulis pun dibutuhkan akan semakin terasah dan terus meningkat.

Tema “Membaca dan menulis ialah kunci untuk menguasai dunia”

Syarat Surat
1. Isi surat sanggup berisi pandangan, kritik yang membangun, harapan, atau impian terhadap masa depan pendidikan dan kebudayaan di Indonesia .
2. Isi surat tidak mengandung pornografi dan tidak berpotensi mengakibatkan konflik yang berkaitan dengan SARA.
3. Surat yang ditulis harus jujur karya pribadi siswa (bukan karya yang dipikirkan atau dituliskan oleh orang lain) dan orisinil (bukan saduran atau terjemahan), belum pernah dipublikasi, dan belum pernah diikutsertakan dalam sayembara apa pun.
4. Isi surat meliputi 3-6 paragraf.
5. Surat ditulis dengan memakai bahasa Indonesia.
6. Surat yang sama dikirim dalam dua bentuk. Pertama, bentuk goresan pena tangan orisinil siswa peserta, ditulis memakai pulpen. Kedua, bentuk ketikan rapi 1,5 spasi dengan abjad Times New Roman 12 atau Arial 11. Kedua bentuk surat tersebut memakai kertas HVS ukuran A4.
7. Peserta boleh mengirim lebih dari satu buah surat, maksimal dua buah surat.
8. Surat yang dikirim kepada Panitia harus dilampiri biodata dan fotokopi kartu pelajar atau surat keterangan lain dari kepala sekolah yang menyatakan bahwa akseptor ialah siswa SD/MI, SMP/MS.

SAYEMBARA MENULIS SURAT UNTUK MENDIKBUD



Pengiriman Naskah
1. Naskah orisinil diperbanyak lima lembar, kemudian dikirim ke panitia melalui pos atau kurir.
2. Peserta harus menuliskan alamat dengan terang beserta nomor telepon (sekolah dan pribadi) supaya gampang dihubungi oleh Panitia melalui pos, telepon, pos-el (e-mail), dsb. Di penggalan depan kiri atas amplop harap dicantumkan tulisan: Sayembara Penulisan Surat untuk Menteri.

3. Naskah yang masuk menjadi milik Panitia dan tidak akan dikembalikan.

4. Pengiriman naskah paling lambat 15 Agustus 2016 (cap pos).


Penilaian

1. Penilaian akan dilakukan di Badan Bahasa, Jakarta.

2. Penilaian dan penentuan pemenang sayembara akan dilakukan oleh lima orang juri yang terdiri atas pakar dan praktisi yang di bidang ilmu komunikasi, sastra, pendidikan, dan bahasa.

3. Penilaian mencakupi segi keorisinalan isi, keaslian tulisan, tema/gagasan, kelogisan, penulisan, dan penggunaan bahasa.

4. Keputusan dewan juri tidak sanggup diganggu gugat dan tidak diadakan surat-menyurat.

Pengumuman 
Pengumuman pemenang sayembara dilakukan melalui media siber: laman, pesan pendek (SMS), dan media umum lainnya, serta surat pemberitahuan pribadi ke para pemenang pada ahad kedua September 2016.


Hadiah atau Piaga
Para penulis terbaik akan menerima hadiah uang tunai (dipotong PPh sebesar 5%). 
Pemenang 1 : Rp10.000.000,00 
Pemenang 2 : Rp8.000.000,00 
Pemenang 3 : Rp6.000.000,00 
Pemenang 4 : Rp5.000.000,00 
Pemenang 5 : Rp4.000.000,00 
Pemenang 6-10 : Rp3.000.000,00 2. 
Sepuluh penulis surat terbaik akan menerima piagam penghargaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Buku Novel Sastra, dan Terbitan Badan Bahasa.


==================================================




= Baca Juga =



LihatTutupKomentar