Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2018 (1439 H) Seluruh Kota Di Indonesia

Istilah Imsak atau Imsakiyah berlaku baik ketika menjalankan puasa wajib ibarat puasa Ramadhan maupun ketika menjalan puasa sunah ibarat puasa senin dan kamis. Pengertian imsak sendiri diambil dari bahasa Arab yaitu amsaka yumsiku imsak yang berarti menahan. Jadi, dari pengertian menahan, berarti waktu imsak atau imsakiyah ialah waktu dimulainya untuk menahan segala hal yang membatalkan puasa. Tetapi, di ketika imsak masih diperbolehkan untuk makan dan minum, selama belum memasuki waktu subuh. Dalam agenda shalat biasanya tercantum waktu imsak, dalam pengertian ini imsak atau imsakiyah ialah ketika seseorang harus memulai untuk berhenti makan sahur biar tidak terlewat hingga masuk subuh. Pengertian Imsak di sini mengandung arti peringatan atau kehatian-hatian.


Ketentuan waktu imsak atau imsakiyah sebagai ihtiyath (kehati-hatian) ini didasarkan hadis Rasul yang diriwayatkan dari Sayyidina Anas: Sayyidina Zaid bin Tsabit r.a. berkata, “Kami telah makan sahur bersama-sama Junjungan Nabi Saw., kemudian baginda bangkit mengerjakan salat. Sayyidina Anas bertanya kepada Sayyidina Zaid, ‘Berapa lamanya antara azan (Subuh) dengan waktu makan sahur itu?’ Dia menjawab, ‘Sepadan dengan waktu yang diharapkan untuk  membaca 50 ayat.’”

Puasa berdasarkan bahasa berarti menahan,diri dari melaksanakan sesuatu perbuatan. Sedangkan berdasarkan istilah puasa ialah menahan diri dari segala sesuatau yang membatalkan puasa semenjak terbit fajar hingga terbenam matahari dengan disertai niat dan syarat-syarat tertentu. Puasa terdiri dari puasa wajib dan puasa sunnah. Puasa wajib ada tiga yaitu puasa ramadhan, puasa nazar dan puasa kifarat.

Puasa Ramadhan ialah puasa wajib yang dikerjakan pada bulan ramadhan selama satu bulan. Hukumnya fardu ‘ain bagi setiap muslim yang sudah mukallaf (baligh dan berakal). Sebagaimana firman Allah swt yang artinya:   Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kau berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kau biar kau bertakwa, (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kau ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, Maka Itulah yang lebih baik baginya. dan berpuasa lebih baik bagimu jikalau kau Mengetahui.(Al-Baqoroh; 183-184)

Puasa berdasarkan kepada ayat diatas diwajib semenjak ummat sebelum nabi Muhammad saw, hanya saja aturannya yang berbeda. Tujuan puasa ialah biar menjadi orang yang bertaqwa. Sedangkan hikam puasa antara lain merasakan penderitaan orang miskin yang serba kekurangan, sehingga timbul dalam dirinya perasaan ingin menyantuni serta dapat menahan hawa nafsu, sehingga sanggup mencegahnya dari perbuatan yang tercela

Adapun syarat wajib puasa ialah 1) Islam, 2) Baligh, 3) Berakal, dan 4) Kuat berpuasa (orang sakit dan lanjut usia tidak wajib berpuasa).  Syarat sah puasa ialah 1) Islam, 2) Mumayyiz (dapat embedakan yang baik dan buruk, dan 3) Suci dari haid dan nifas (keduanya wajib mengkodho, selama hari yang ditinggalkannya). Sedangkan Rukun puasa ialah 1) Niat (diucapkan pada malam harinya), 2) Menahan diri dari yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari

Berikut ini beberapa hal yang membatalkan puasa, yakni Makan dan minum dengan sengaja, Muntah dengan sengaja, Melakukan korelasi suami istri pada siang hari (larangan ini harus digantinya dengan membayar kifarat yaitu berpuasa selam dua bulan berturut-turut), Haid/nifas, dan Gila

Sedangkan Orang yang boleh berbuka puasa Ramadhan adalah 1) Orang yang sakit dan punya cita-cita untuk sembuh, 2) Orang yang bepergian jauh, 3) Orang yang lemah atau lanjut usia termasuk penyakit menahun, 4) Orang yang hamil atau menyussui, dengan ketentuan:Takut akan menjadi mudharat bagi atas anaknya, baik tajut keguguran maupun takut kekurangan air susunya, maka baginya diwajibkan mengqodho dan membayar fidyah. Kalau Takut akan menjadi mudharat baginya dan anaknya, maka wajib mengqodha saja.


Sebelum menampilkan  Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2018, Admin akan menampilan widget Jam Otomatis atau Jam Online. Widget ini bertujuan untuk mengecek Jam berapa sekarang. Terkadang kita ragu tanggal dan jam berapa ketika ini, terutama ketika akan mengecek jam pada computer atau jam dinding kita yang kehabisan baterai. Namun tak perlu risau alasannya ialah sat ini kita sanggup mengecek tanggal dan jam berapa ketika ini secara online yang saya beri nama Jam Online. Berikut ini cara cek tanggal dan waktu ketika ini

Jam berapa Sekarang?  Silahkan Anda cek melalui Widget tanggal dan Jam otomatis berikut ini.Widget  ini sanggup Anda gunakan untuk menyamakan waktu jam dinding atau tangan Anda dengan waktu kini gotong royong sesuai dengan zona waktu tempat di mana Anda berada.

Jam Berapa Sekarang, Waktu Indonesia Bagian Barat 


Jam Berapa Sekarang, Waktu Indonesia Bagian Tengah 


Jam Berapa Sekarang, Waktu Indonesia Bagian Timur 



Jika Anda selain ingin mengethaui Jam berapa Sekarang tetapi juga ingin mengetahui tanggal berapa sekarang ?  Silahkan Anda cek melalui Widget tanggal dan Jam otomatis berikut ini.Widget  ini sanggup Anda gunakan untuk menyamakan waktu jam tangan Anda dengan waktu kini gotong royong sesuai dengan zona waktu tempat di mana Anda berada.


Waktu Indonesia Bagian Barat

Waktu Indonesia Bagian Tengah
Waktu Indonesia Bagian Timur

Banyak Widget / Gadget Jam Otomatis atau Jam Online, namun pada umumnya jam tersebut didasarkan waktu pada yang di set pada komputer itu sendiri, sehingga apabila waktu di pengaturan computer tidak tepat, tetap saja jam tersebut akan menyesuaikan dengan waktu tersebut. Berbeda dengan widget atau gadget jam otomatis di atas betul-betul berjalan secara online dan sanggup dijadikan standar waktu untuk mengcek tanggal, jam atau waktu ketika ini.


Untuk mengetahui Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2018, Admin mencoba menampilkan widget Jadwal Imsakiyah dan Jadwal Shalat hari ini yang sanggup Anda sesuaikan dengan menentukan Tempat/Kota sesuai dengan tempat tinggal anda. Berikut ini Jadwal Imsakiyah Ramadhan Tahun 2018 dan Jadwal Shalat ini yang bersumber dari laman jadwalsholat.org





Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2018 berikut ini mengambil dari widget Jadwal Imsakiyah dan Jadwal Shalat hari ini  dari laman pojokpitu yang juga sanggup Anda sesuaikan dengan menentukan Tempat/Kota sesuai dengan tempat tinggal anda.




Untuk Anda yang akan mendownload Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018 atau 1439 H.  Berikut ini Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018 atau 1439 H untuk Seluruh Kota di Indonesia Versi Kemenag. Apabila ada Jadwal Imsakiyah Kabupaten / Kota Tahun 2018 (1439 H) yang belum ditampilkan atau diprint, silahkan cetak sendiri. Adapun Cara cetak Jadwal Imsakiyah Kabupaten / Kota Tahun 2018 (1439H) Versi Kemenag untuk seluruh Indonesia klarifikasi sanggup dilihat di selesai posting ini. 

Berikut Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H atau 2018 M untuk wilayah Banda Aceh dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI)





Berikut Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H atau 2018 M untuk wilayah Medan dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI) 




Berikut Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H atau 2018 M untuk wilayah Padang dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI) lihat disini

Berikut Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H atau 2018 M untuk wilayah Palembang dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI) 



Berikut  Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H atau 2018 M  (Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018) untuk wilayah BandarLampung dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI) 



Berikut  Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H atau 2018 M  (Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018) untuk wilayah Batam (Kepri) dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI) 



Berikut  Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H atau 2018 M  (Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018) untuk wilayah Bengkulu dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI) 



Berikut  Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H atau 2018 M  (Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018) untuk wilayah Jambi dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI) 



Berikut  Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H atau 2018 M  (Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018) untuk wilayah Pangkal Pinang dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI)



Berikut  Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H atau 2018 M  (Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018) untuk wilayah Pekanbaru (Riau) dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI) 



Berikut Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H atau 2018 M untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI) 



Berikut  Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H atau 2018 M  (Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018) untuk wilayah Kota Tangerang dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI)



Berikut  Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H atau 2018 M  (Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018) untuk wilayah Kota Tangerang Selatan dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI)




Berikut Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H atau 2018 M untuk wilayah Serang dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI) 



Berikut Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H atau 2018 M untuk wilayah Pandeglang dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI) 



Berikut Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H atau 2018 M untuk wilayah Bandung dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI)



Berikut  Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018 M atau 1439 H (Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018) untuk wilayah Semarang dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI) 



Berikut  Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018 M atau 1439 H untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI) 



Berikut  Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018 M atau 1439 H (Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018) untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI) 



Berikut  Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018 M atau 1439 H untuk wilayah Balikpapan (Kaltim) dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI) 



Berikut  Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H atau 2018 M  (Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018) untuk wilayah Banjarmasin (Kalimantan Selatan) dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI) 



Berikut  Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H atau 2018 M  (Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018) untuk wilayah Palangkaraya (Kalimantan Tengah) dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI) 



Berikut  Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H atau 2018 M  (Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018) untuk wilayah Pontianak (Kalimantan Barat) dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI) 



Berikut  Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H atau 2018 M  (Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018) untuk wilayah Bulungan (Kalimantan Utara) dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI) 



Berikut  Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H atau 2018 M  (Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018) untuk wilayah Denpasar (Bali) dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI) 



Berikut  Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H atau 2018 M  (Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018) untuk wilayah Mataram (NTT) dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI) 



Berikut  Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H atau 2018 M  (Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018) untuk wilayah Kupang (NTT) dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI)



Berikut  Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H atau 2018 M  (Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018) untuk wilayah Kendari (Sulawesi Tenggara)  dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI)



Berikut  Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H atau 2018 M  (Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018) untuk wilayah Manado (Sulawesi Utara) dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI) 



Berikut  Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H atau 2018 M  (Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018) untuk wilayah Palu (Sulawesi Tengah) dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI) 




Berikut  Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H atau 2018 M  (Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018) untuk wilayah Makasar (Sulawesi Selatan) dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI) 




Berikut  Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H atau 2018 M  (Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018) untuk wilayah Mamuju (Sulawesi Barat) dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI)




Berikut  Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H atau 2018 M  (Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018) untuk wilayah Kab Jayapura dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI) 




Berikut  Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H atau 2018 M  (Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018) untuk wilayah Kota Jayapura dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI) 



Berikut  Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H atau 2018 M  (Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018) untuk wilayah Manokwari dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI)




Bagi tempat yang belum tercetak, Silahkan cetak sendiriDimana kita mencetak atau mendapat Jadwal Puasa Ramadhan 2018 / 1439 H yang akurat ? Salah satunya sanggup kita temukan di laman sihat Kementerian Agama yakni https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsyakiyah. Bagaimana CARA MEMBUAT JADWAL IMSAKIYAH  PUASA RAMADHAN 2018 / 1439 H pada laman sihat kemenag ? Berikut ini Cara menciptakan Jadwal Imsakiyah  Puasa Ramadhan 2018 / 1439 H pada laman resmi Kementerian Agama Republik Indonesia.
Pertama Anda masuk ke laman https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsyakiyah atau DISINIKemudian isi Propinsi, Kota dan Tahun ibarat yang tampak pada gambar di bawah ini. Setelah Anda mengisi Propinsi, Kota dan Tahun kemudian Pilih Tampilkan Jadwal Imsakiyah.



Sekalian mencar ilmu Excel berikut Admin sharrekan  jadwal Imsak atau Imsakiyah dan Buka Puasa Ramadhan 2018 1439 H  bebera kota di Indonesia dan dunia dalam format Excel.  Silahkan Anda download Aplikasi  Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018 atau 1439 H versi Excel kemudian Ganti MARKAS dengan Nama Kota Tempat tinggal Anda dengan cara pilih dengan menentukan Tanda Segi Tiga atau Tanda Panah Ke bawah). 


Bagi Anda yang ingin memcoba menciptakan Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018 dengan memakai excel, silahkan download APLIKASI JADWAL IMSAKIYAH PUASA RAMADHAN 1438 (2017) UNTUK SELURUH KOTA DI INDONESIA (VERSI EXCEL) DISINI


Demikian isu perihal JADWAL IMSAKIYAH PUASA RAMADHAN 2018 (1439). Demikian sharre tentang  jadwal Imsak atau Imsakiyah dan Buka Puasa Ramadhan 2018 1439 H format Excel. Mudah-mudahan bermanfaat. Amiin.


Berikut ini Link Download jadwal imsakiyah Ramadhan tahun 2018 (1439 H) untuk beberapa kota. Bagi yang berminat silahkan  Download agenda imsakiyah Ramadhan tahun 1439 H 2018 melaui link dibawah ini:




Demikian info jadwal imsakiyah Ramadhan tahun 2018 (1439 H). Semoga bermanfaat. Terima kasih, Selamat menjalan puasa Ramdhan 1439 H 2018. Semoga kita menjadi orang-orang yang suci dan dapat meningkatkan ketaqwaan terhadap Allah SWT. Amiin.


============================================



= Baca Juga =





LihatTutupKomentar