Cara Memutasikan Siswa Di Dapodik Dan Cara Tarik PD

Bagaimana Cara Memutasikan siswa di dapodik? Salam Jumpa bersama OPS SDN Kamalapau, Kali Ini admin Format RPP hadir Memberikan totorial cara memutasikan siswa di aplikasi dapodik. Mutasi adalah hak bagi setiap orang baik secara individu maupun dalam jumlah yang lebih banyak. Mutasi dalam pendataan adalah memutasikan data seseorang agar data yang tersimpan dapat digunakan oleh seseorang ke tempat lain. Dalam aplikasi dapodik terdapat fitur khusus yang dapat gunakan untuk memutasikan peserta didik dalam aplikasi dapodik agar siswa tersebut tetap terdapat di sekolah lain sesuai dengan data awal di sekolah asal. Pada aplikasi dapodik versi terbaru yaitu aplikadi dapodik tahun 2018 lebih lembih mendetail fituh khusus untuk memutasikan siswa, apabila siswa tersebut di mutasikan dalam aplikasi dapodik akan menjadi siswa keliaur dengan kategori PD Keluar.


Mengapa harus memutasikan siswa?


Sangat Perlu ... Untuk mengisi dapat siswa yang sudah pernah terdata di aplikasi dapodik tidak lagi diperkenankan menginput data awalnya secara manual. Hal ini memang merupakan himbauan resemi dari kemendikbud apabila siswa keluar alasan mutasi maka sekolah tujuan tidak dapat lagu menginput data awal tanpa ditarik melalui daring online. Sekolah awal haru melakukan tarik PD melalui portal dapodik dengan melakukan pencarian nama secara online. Bagi sekolah asal wajib untuk melakukan mutasi kepada siswa yang telah mutasi kemudian melakukan sinkron dapodik agar data siswa yang mutasi keluar dapat ditarik online oleh operator sekolah tujuan.

Bagaimana cara memutasi siswa?

Cara memutasikan siswa di aplikasi dapodik sebenarnya cukup gampang dan tidak susah-susal amat. setelah melakukan mutasi maka harus di soncron dapodik. Begini cara memutasikan siswa di aplikasi dapodik.:

  • Buka aplikasi dapodik
  • Pilih  menu peserta didik
  • Pilih siswa yang mutasi
  • Pada bagian bawah (Diisi Pada saat sudah Keluar) : Keluar karena pilih mutasi, Isi tanggal keluar sekolah, Ketik alasan Mutasi, Alasan Mutasi berbagai macam tergantung alasan apa siswa mutasi.

Bagaimana Cara Memutasikan siswa di dapodik Cara Memutasikan Siswa Di Dapodik Dan Cara Tarik PD



  • Klik simpan dan tutup
Selanjutnya siswa yang telah dimutasikan akan berada di menu PD Keluar. Untuk mendapatkan legalitas mutasi masuk di menu PD keluar, kemudian cari siswa telah dimutasikan kemudian klik tombol CETAK SURAT MUTASI. 

CETAK SURAT MUTASI adalah lembaran legalitas mutasi yang harus di tanda tangani dan di cap oleh kepala sekolah sebagai bukti yang menyatakan bahwa siswa tersebut telah dimutasikan di aplikasi dapodik. Surat Mutasi tersebut akan diserahkan kepada orang tua siswa yang kemudian akan diberikan kepada kepala sekolah tujuan (sekolah yang baru).

Cara Tarik PD

Untuk melakukan tarik Peserta Didik (Tarik PD) terlebih dahulu sudah dalam keadaa online. Berikut langkah-langkah tarik PD di manajemen dapodik :

  • Pergi ke http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id
  • Klik pajok kanan atas login di situs terdapat login manajemen dan login operator, pilih login operator, jangan login manajemen karena itu hanya diperuntukan bagi operator dinas saja.
  • Setelah login tarik peserta didik
  • Lalu akan muncul hamalam sekolah asal. pilih mutasi pindah, Pilih propinsi, Pilih nama kabupaten asal sekolah, Pilih nama kecamatan sekolah asal, pilih nama satuan pendidikan, (Nama sekolah sekolah asal)
  • Dibagian bawah Peserta didik Ketika salah item pencarian, misal ketik NISN, atau nama siswa dan nama ibu kandung, Klik tombol cari peserta didik
  • Jika sudah dikeluarkan akan muncul nama siswa yang telah dimutasikan oleh sekolah asal, Jika belum muncul nama siswa coba klik tombol belum dikeluarkan untuk mengetahui kepastian apakah siswa tersebut telah dikelurkan atau belum.
Bagaimana Cara Memutasikan siswa di dapodik Cara Memutasikan Siswa Di Dapodik Dan Cara Tarik PD


  • Klik tombol anak panah hijau
  • Selanjuntany akan masuk ke konfirmasi pada bagian bawah
Kirim dapodik agar siswa yang teoah ditarik masuk dalam aplikasi dapodi.

Demikian Cara Memutasikan Siswa Di Dapodik Dan Cara Tarik PD.
LihatTutupKomentar