|  | 
| PROGRAM KERJA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA | 
 Sekedar menyebarkan untuk melengkapi ketersediaan contoh Administrasi berikut ini saya sharekan Contoh Program Kerja Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Contoh Program Kerja Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka ini masih sangat sederhana dan tentunya harus lebih dikembangkan.
  BAB I PENDAHULUAN
  A.   Latar Belakang
  Pendidikan Kepramukaan merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang wajib dilaksanakan di sekolah. Kegiatan dilaksanakan melalui Gugus Depan Gerakan Pramuka yang berpangkalan disekolah. Melalui pendidikan Kepramukaan ini sanggup dilakukan pembinaan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Kehidupan berbangsa dan bernegara menurut Pancasila, pendidikan pendahuluan bela Negara, kepribadian dan akal pekerti luhur, berorientasi, pendidikan kewiraswastaan, kesejukan jasmani dan daya kreasi, persepsi, apresiasi dan kreasi seni.
  Gerakan pramuka sebagai satu-satunya wadah kegiatan kepanduan di sekolah merupakan tempat pendidikan bagi belum dewasa yang dilaksanakan dengan penuh kegembiraaan, penuh pendidikan dan dilakukan di luar jam-jam sekolah maupun jam-jam keluarga. Sebagai satu-satunya kegiatan kepanduan, pramuka diharapkan sanggup menawarkan peranan penting dalam peningkatan dan pembentukan perilaku dan mental penerima didik pada perilaku yang baik. Sikap baik dalam arti berakhlaq mulia, sopan santun, rasa cinta kasih sesama, patriot, suci dalam segala pikiran maupun perbuatan, bertaqwa kepada tuhannya, dan segala perilaku yang lain. Pendek kata diharapkan anggota pramuka sanggup melaksanakan Dasa Dharma dan Tri Satya yang merupakan kode etik dan kesepakatan pramuka.
  Untuk lebih berperan aktif dalam pembentukan sikap, dalam gerakan pramuka perlu adanya keseragaman langkah bagi pengelola gerakan pramuka yang tergabung dalam suatu gugus depan. Ada keterkaitan bersahabat antara siswa didik sebagai anggota pramuka, pembina pramuka dan unsur majelis pembimbing gugus depan. Tanpa kolaborasi yang baik dari unsur-unsur tersebut rasanya mustahil pramuka berperan aktif dalam pembentukan perilaku penerima didik.
  Oleh lantaran itu untuk penyelarasan dan penyeragaman langkah, perlu disusun suatu acara kerja gugus depan yang berisikan segala sesuatu yang sanggup mengatur langkah dan gerak dari gugus depan tersebut. Program kerja sebagai rambu-rambu pelakasanaan kegiatan kepanduan di sekolah merupakan contoh yang wajib dilaksa-nakan oleh unsur-unsur pengelola gugus depan tersebut.
  B.   Dasar Kegiatan
  Yang menjadi dasar penyusunan acara kerja gugus depan pramuka adalah:
  1.    Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun 1961 wacana Gerakan Pramuka
  2.    Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 107 Tahun 1985 wacana Petunjuk Penmyelenggaraan Gerakan Pramuka di Gugus Depan
  3.    Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 041 tahun 1985 wacana Petunjuk Pelaksanaan Administrasi Satuan Pramuka.
  4.    Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 57 Tahun 1988 wacana Pengesahan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka
  5.    Keputusan Kwartir Nasonal Gerakan Pramuka Nomor 107 Tahun 1999, wacana Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka
  6.    Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 045 Tahun 2003 wacana Pokok-pokok Pengorganisasian Gerakan Pramuka.
  7.    Program kerja sekolah yang dijabarkan dalam acara kerja urusan kesiswaan Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Saketi tahun pelajaran 2017/2018
  C.   Tujuan
  Tujuan yang hendak dicapai dengan disusunnya acara kerja ini:
  1.    untuk menunjang kegiatan berguru mengajar, khususnya di bidang pembinaan kesiswaan dalam pembentukan tabiat dan kepribadian siswa melalui kegiatan kepramukaan
  2.    Untuk menawarkan isyarat kepada pelaksana gugus depan supaya pelakasanaan kinerja gugus depan sanggup berjalan dengan baik.
  3.    Sebagai sarana untuk peningkatan mutu pendidikan kepramukaan di sekolah.
  D.   Sasaran
  Sasaran pelaksanaan acara kerja ini yaitu unsur-unsur yang terdapat dalam suatu gugus depan yang meliputi:
  1.    Unsur Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang diketuai oleh Kepala Sekolah sebagai penguasa tertinggi di sekolah yang dibantu dengan Urusan Kesiswaan, Urusan Kurikulum dan unsur guru yang ditunjuk.
  2.    Unsur Pembina Pramuka yang merupakan unsur pelaksana kegiatan secara teknis dalam suatu gugus depan yang meliputi Instruktur Pramuka, instruktur atau anggota pramuka yang minimal memiliki akta Kursus Mahir Dasar (KMD)
  3.    Para pembantu pembina yang meliputi anggota penegak, pandega dan unsur lain yang memiliki keinginan untuk menjadi anggota pramuka dengan baik.
  4.    Peserta didik yang menjadi obyek pendidikan kepramukaan di sekolah yang terbagi dalam siaga, penggalang, penegak dan pandega sesuai dengan tingkat umur penerima didik.
  BAB II  VISI MISI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
  Mengacu pada Lampiran III Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia  Nomor  81a  Tahun 2013  Tentang  Implementasi Kurikulum berkaitan dengan Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler perlu adanya visi misi kegiatan ektrakulikuer. Adapun Visi Misi kegiatan ekstrakurikluer Pramuka pada Gudep SMPN 3 Saketi yaitu sebagai berikut:.
  A      Visi :
  Visi gugus depan  pangkalan Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Saketi adalah: Pengembangan Potensi Bakat, Minat Serta Mental dan Moral yang Berlandasan IMTAQ dan IPTEK.
  B      Misi :
  Sedangkan misi gugus depan  pangkalan Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Saketi
  1.     Menyelenggarakan kegiatan kepramukaan dalam rangka meningkatkan  keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta  ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai tuntutan jaman
  2.     Memyelenggarakan kegiatan kepramukaan dalam rangka meningkatkan pengembangan potensi, talenta dan minat.
  3.     Menyelenggarakan kegiatan kepramukaan dalam rangka meningkatkan sikap, mental dan etika yang berkarakter.
  4.     Melaksanakan kegiatan kepramukaan yang berorientasi pada pencapaian prestasi.
  5.     Melaksanakan kegiatan kepramukaan yang berorientasi kepada pengembangan pola pikir dan nalar, serta keterampilan.
  BAB III PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
  Program kerja Ekstrakurikuler Pramuka Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Saketi sanggup dijelaskan dan dirinci sebagai berikut didasarkan pada waktu pelaksanaan program. Masing-masing kelompok acara terbagi dalam beberapa bidang kegiatan. Adapun pembagian kelompok acara tersebut yaitu sebagai berikut:
  A.   Program Umum
  1.    Bidang Kegiatan dan Latihan Peserta Didik
  a.    Penerapan Sistem Blok Pembinaan Keparamukaan, berupa:Masa Orientasi Anggota Baru selama 3 hari, yang pelaksanaannya dilakukan pada awal semester gasal dengan sasaran siswa kelas VII
  b.    Penerapan Sistem Reguler Pembinaan Keparmukaan, melalui kegiatan:
  1)    Latihan Rutin
  2)    Pencapaian SKU
  3)    Pencapaian SKK
  •    2 macam SKK Agama
  •    2 macam SKK Patriotisme dan Seni Budaya
  •    2 macam SKK Ketangkasan dan Kesehatan
  •    2 macam SKK Ketrampilan dan Teknik Pembangunan
  •    2 macam SKK Sosial, Perikemanusiaan, Gotong Royong, Ketertiban Masyarakat, Perdamaian Dunia dan Lingkungan Hidup
  4)    Peningkatan mutu latihan pramuka penggalang meliputi jenjang:
  a)    Ramu
  b)    Rakit
  c)    terap
  5)    Gladian Pemimpin Regu ( 1 kali )
  6)    Perkemahan Sabtu Minggu ( 2 kali )
  7)    Penjelajahan dan Survival Game
  8)    Perkemahan Jauh dan Pengembaraan ( 1 kali )
  9)    Lomba Tingkat I ( 1 kali )
  10) Bakti Masyarakat ( 2 kali )
  11) Pengiriman regu penggalang ke tingkat Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Kwartir Nasional
  12) Kegiatan dengan gugus depan lain ( latihan adonan )
  13) Musyawarah Gugus Depan
  2.    Bidang Sarana dan Administrasi
  Mengusahakan tersedianya kelengkapan manajemen dan sarana penunjang kegiatan Gugus Depan yang meliputi :
  a.    Buku Induk Gugus Depan
  b.    Stempel Gugus Depan
  c.    Buku Jurnal Kegiatan Harian / Mingguan
  d.    Buku Administrasi Keuangan
  e.    Daftar Inventaris Gugus Depan
  f.     Buku Tamu Gugus Depan
  g.    Laporan Semester Gugus Depan
  h.    Catatan Peristiwa Penting Gugus Depan ( Log Book )
  i.      Pengadaan Tenda Pramuka
  j.      Pengadaan alat pionering yang meliputi :
  1)    tali pramuka
  2)    tongkat
  k.    Bendera Gugus Depan yang meliputi:
  1)    Bendera Tunas Kelapa
  2)    Bendera Pramuka Sedunia Putra
  3)    Bendera Pramuka Sedunia Putri
  l.      Bendera Semaphore dan Morse
  m.   Papan Nama Gugus Depan
  n.    Sanggar Bakti Pramuka
  3.    Bidang Keuangan
  Pengelolaan dana kegiatan yang bersumber dari:
  a.    Alokasi dana dari BOS
  b.    Sumbangan lain yang tidak mengikat
  4.    Bidang Pendidikan Orang Dewasa
  a.    Pengiriman pembina untuk kegiatan Kursus Pembina yang diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang
  b.    Pengiriman pembina untuk pertemuan-pertemuan yang diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang
  c.    Pertemuan-pertemuan Gugus Depan yang dihadiri oleh MABIGUS
  B.   Penjabaran Program dalam Semester
  Penjabaran acara dalam semester gugus depan  pangkalan Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Saketi sanggup dijabarkan sebagai berikut:
  PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN SEMESTER GANJIL
  BULAN : JULI 2017 SAMPAI DENGAN DESEMBER 2017
 |  No |  KEGIATAN |  BULAN KE |  KET | |||||
|  Jul |  Ags |  Sept |  Okt |  Nop |  Des | |||
|  1. |  Masa Orientasi Anggota   Baru (system Blok)   |  X | ||||||
|  2. |  Latihan Rutin (Sistem   Reguler) |  X |  X |  X |  X |  X | ||
|  3. |  Ujian SKU Penggalang Ramu |  X |  X |  X | ||||
|  4. |  Ujian SKU Penggalang Rakit |  X |  X |  X | ||||
|  5. |  Ujian SKU Penggalang Terap |  X |  X |  X | ||||
|  6. |  Ujian SKK |  X |  X |  X |  X |  X | ||
|  7. |  Gladian Pemimpin Regu |  X | ||||||
|  8. |  Perkemahan Dekat ( Persami   ) |  X |  X | |||||
|  9. |  Penjelajahan dan Halang   Rintang |  X | ||||||
|  10. |  Bakti Masyarakat |  X | ||||||
|  11. |  Latihan gabungan |  X |  X | |||||
|  12. |  Lomba Tingkat I |  X | ||||||
|  13. |  Laporan Semester ke   Kwartir Ranting |  X | ||||||
|  14 |  Mengikuti kegiatan di   Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional |  Menyesuaikan | ||||||
 PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN SEMESTER GENAP
  BULAN : JANUARI 2018 SAMPAI DENGAN JUNI 2018
 |  No |  KEGIATAN |  BULAN KE |  KET | |||||
|  Jan |  Peb |  Mar |  Apr |  Mei |  Jun | |||
|  1. |  Latihan Rutin (Sistem   Reguler) |  X |  X |  X |  X |  X | ||
|  2. |  Ujian SKU Penggalang Ramu |  X |  X |  X |  X | |||
|  3. |  Ujian SKU Penggalang Rakit |  X |  X |  X | ||||
|  4. |  Ujian SKU Penggalang Terap |  X |  X | |||||
|  5. |  Ujian SKK |  X |  X |  X |  X |  X | ||
|  6. |  Gladian Pemimpin Regu |  X | ||||||
|  7. |  Perkemahan Dekat ( Persami   ) |  X | ||||||
|  8. |  Penjelajahan dan Halang   Rintang |  X |  X | |||||
|  9. |  Bakti Masyarakat |  X | ||||||
|  10. |  Latihan gabungan |  X | ||||||
|  11. |  Laporan Semester ke   Kwartir Ranting |  X | ||||||
|  12. |  Pemilihan pramuka terbaik |  X | ||||||
|  13. |  Musyawarah Gugus Depan |  X | ||||||
|  14. |  Perkemahan jauh dan   Pengembaraan |  X | ||||||
|  15. |  Mengikuti kegiatan di   Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional |  Menyesuaikan | ||||||
 C.   Penjabaran Masing-Masing Program
  1.    Latihan Rutin Pramuka
  Dalam melaksanakan kegiatan latihan rutin sanggup dirinci sebagai berikut :
  a.  Latihan rutin dilakukan setiap hari Sabtu dimulai pukul 14.00 WIB dan diakhiri pukul 16.30 WIB
  b.  Latihan rutin dilakukan dengan dukungan bahan SKU dan SKK beserta praktek lapangan
  c.   Pemberi bahan yaitu Pembantu Pembina (penegak) dan Pembina Pramuka.
  d.  Rincian bahan latihan rutin yaitu :
  1)     Sejarah Pramuka
  2)     Dasa Dharma dan Trisatya
  3)     PBB dan Upacara Pramuka
  4)     Sandi pramuka (huruf rahasia)
  5)     Semaphore
  6)     Kompas
  7)     Pionering, tali temali, macam-macam ikatan
  8)     Api Unggun
  9)     Tata Boga
  10)  Hasta karya Pramuka
  11)  Lambang Gerakan Pramuka dan Struktur Organisasi Kperamukaan
  12)  Musyawarah dan Mufakat
  13)  Tanda Jejak, Peta  
  14)  P3K
  15)  Penjelajahan dam Permainan Pramuka
  16)  Lagu Wajib dan Lagu Daerah
  17)  Bakti karya
  18)  Kegiatan lain yang berupa kegiatan insidental dan spontan
  2.    Musyawarah Gugus Depan
  1)  Musyawarah Gugus Depan (Mugus) yaitu bentuk kegiatan musyawarah yang dilakukan anggota gugus depan untuk memilih kelangsungan hidup gugus depan.
  2)  Dalam kegiatan ini dirumuskan :
  1)     Susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan
  2)     Susunan Pembina Gugus Depan
  3)     Susunan Pengurus Gugus Depan (Dewan Kerja Penggalang)
  3)  Peserta dalam kegiatan Musyawarah Gugus Depan (MUGUS) adalah:
  1)     Perwakilan Anggota yang meliputi Pinru dan Wapinru setiap regu
  2)     Pemimpin Regu Utama (Pratama) putra dan putri
  3)     Pembina pramuka
  4)     Pembantu pembina yang terdiri para pramuka penegak
  5)     Unsur Mejelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang meliputi Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Pembina OSIS, dan unusur guru yang membidangi ekstrakurikuler Pramuka.
  6)     Unsur Komite Sekolah
  7)     Unsur Tokoh Masyarakat sekitar Gugus Depan
  8)     Unsur Kwartir Ranting diantaranya Andalan Ranting Urusan Penggalang
  4)  Kegiatan ini bisa dilakukan bersamaan dalam bentuk kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu di sekolahan.
  3.    Kegiatan Perkemahan
  a.  Perkemahan Sehari (Persari)
  1)     Kegiatan Persari dilaksanakan pada bulan kedua dan kelima pada masing-masing semester
  2)     Kegiatan ini biasanya dimulai pukul 07.00 WIB dan diakhiri pada pukul 15.00 WIB (dalam satu hari)
  3)     Kegiatan ini meliputi :
  •      Penjelajahan dan halang rintang
  •      Kegiatan latihan gabungan
  •      Kegiatan kunjungan ke tempat rekreasi (Trowulan, Gunung Pucangan, Wonosalam, dll)
  •      Latihan Dasar Kepemimpinan
  •      Lomba Tingkat I
  b.  Perkemahan Dekat (di Sekolah)
  1)     Kegiatan Persami dilaksanakan pada bulan ke empat tiap-tiap semester
  2)     Bentuk kegiatan yaitu kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu yang dimulai pada pukul 14.30 WIB (sabtu) dan diakhiri pada pukul 09.00 WIB (Minggu)
  3)     Macam-macam kegiatan yang sanggup dimasukkan dalam kegiatan Persami yaitu :
  •      Penerimaan tamu pasukan (anggota baru)
  •      Kegiatan Pelantikan Kenaikan Tingkat
  •      Kegiatan Musyawarah Gugus Depan (MUGUS)
  •      Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)
  c.   Perkemahan Jauh (di luar sekolah/diluar kabupaten)
  1)     Kegiatan ini dilakukan pada Akhir Semester
  2)     Pada semester ganjil (pertama) kegiatan ini ditempatkan di wisata dalam kabupaten Jombang, sedang pada semester genap (kedua) ditempatkan pada lokasi perkemahan yang berada di luar kabupaten Jombang.
  3)     Waktu melaksanakan kegiatan ini yaitu minimal 2 hari maksimal 5 hari
  4)     Kegiatan yang sanggup dimasukkan pada kegiatan ini adalah:
  •      Kegiatan Bakti Masyarakat
  •      Kegiatan Kemah Wisata (Jambore)
  •      Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)
  •      Kegiatan Lomba Tingkat I
  •      Kegiatan Pengembaraan atau Kemah Beranting
  •      Gladian Pemimpin Regu
  4.    Laporan Rutin Ke Kwartir Ranting
  a.      Kegiatan ini dilakukan pada tiap bulan
  b.      Hal-hal yang dilaporkan yaitu keadaan gugus depan yang meliputi keanggota gugus depan dan kegiatan yang telah dilakukan gugus depan pada kurun waktu tertentu.
  5.    Kegiatan Insidental
  a.      Kegiatan ini dilakukan diluar acara yang tidak mengikat
  b.      Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan situasi, kondisi dan kebutuhan
  c.      Macam kegiatan dalam kegiatan ini adalah
  •      Kegiatan kunjungan ke anggota gugus depan lantaran sakit, bela sungkawa atau kegiatan lain (berdasar undangan)
  •      Mengikuti kegiatan yang berasal dari luar gugus depan (Kwaran, Kwarcab, Kwarda, Kwarnas dan gudep lain)
  D.   Silabus Kegiatan
  SILABUS DAN MATERI KEGIATAN PRAMUKA PENGGALANG RAMU
  GUGUS DEPAN SMPN 3 SAKETI
 |  No. |  Standar Kompetensi |  Kompetensi Dasar |  Indikator |  Materi Kegiatan | 
|  1 |  1.       Memahami sejarah singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan   pramuka dalam segala aspek kehidupan |  1.1   Mengetahui   sejarah singkat pramuka dunia |  1.1       Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia |  Sejarah kepramukaan dan   kode kehormatan Pramuka | 
|  1.2   Mengetahui   sejarah singkat pramuka di Indonesia |  1.2       Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia | |||
|  1.3   Mengetahui   dan mengamal kan Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan   keluarga, sekolah & masyarakat |  1.3       Menghafalkan Dwi Satya Pramuka dan Dasa Dharma |   Dasa Dharma dan   Trisatya | ||
|  1.4       Mengamalkan Dwi Satya Pramuka dalam kehidupan keluarga , sekolah dan   masyarakat | ||||
|  2 |  2.       Memahami makna PBB serta manfaat PBB dalam pendidikan kepramukaan serta bisa   mengimplementasikan dalam upacara Penggalang |  2.1     Memperagakan gerak lanjutdalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri,   balik kanan / kiri) |  2.1       Memperagakan gerak dasar dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/kiri, balik   kanan/kiri) |  PBB dan Latihan Upacara | 
|  2.2     Memperagakan upacaraPenggalang  di  lapangan |  2.2       Memperagakan upacara Penggalang di lapangan | |||
|  3 |  3.       Memahami macam-macam SANDI dan mengetahui fungsi bendera semaphore |  3.1   Mengetahui   macam-macam SANDI |  3.1       Mengetahui macam-macam SANDI |  Huruf SANDI | 
|  3.2   Mengetahui   fungsi bendera Semaphore |  3.2       Mengetahui fungsi bendera Semaphore |  Semaphore | ||
|  3.3     Memperagakan bendera semaphore dengan benar |  3.3       Memperagakan bendera semaphore dengan benar | |||
|  4 |  4.       Memahami manfaat kegunaan kompas dalam kehidupan sehari-hari |  4.1     Menggunakan pedoman kompas dengan benar |  4.1       Menggunakan pedoman kompas dengan benar |  Pedoman kompas | 
|  5 |  5.       Memahami penggunaan tali, cara mendirikan tenda dan berkemah |  5.1   Membuat   macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat |  5.1       Mengetahui macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat |  Tali temali, cara   mendirikan tenda, dan berkemah | 
|  5.2   Membuat   tandu dan kaki tiga |  5.2       Membuat tandu dan kaki tiga | |||
|  5.3   Mengetahui   cara dan praktek mendirikan tenda |  5.3       Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda | |||
|  6 |  6.       Memahami arti dan manfaat api unggun dalam kepramukaan |  6.1   Mengetahui   bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah |  6.1       Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah |  Api unggun | 
|  6.2   Membuat   miniatur api unggun di lapangan sekolah |  6.2       Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah | |||
|  7 |  7.       Memahami resep dasar memasak |  7.1   Membuat   resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana |  7.1       Membuat resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana |  Tata boga | 
|  7.2   Latihan   memasak  tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk) |  7.2       Latihan memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk) | |||
|  8 |  8.       Memahami cara menciptakan hasta karya |  8.1   Membuat   kerajinan dari jerami / dedaunan (atap gubug) |  8.1       Membuat kerajinan dari jerami/dedaunan (atap gubug) |  Hasta karya Pramuka | 
|  8.2   Membuat   kerajinan dari alam sekitar / barang bekas |  8.2       Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas | |||
|  9 |  9.       Memahami lambang gerakan pramuka serta tata struktur organisasi pramuka |  9.1   Mengetahui   lambang gerakan pramuka |  9.1       Mengetahui lambang gerakan pramuka |  Lambang Gerakan Pramuka   dan struktur kepramukaan | 
|  9.2   Mengetahui   definisi struktur organisasi pramuka sekolah |  9.2       Mengetahui definisi dan struktur organisasi pramuka sekolah | |||
|  9.3   Membentuk   kepengurusan regu |  9.3       Membentuk kepengurusan regu | |||
|  10 |  10.   Memahami   definisi musyawarah dan mufakat pramuka |  10.1 Mengetahui arti   musyawarah secara sederhana |  10.1     Mengetahui arti musyawarah  dan mufakat secara sederhana |  Musyawarah dan mufakat   Pramuka | 
|  10.2 Bermusyawa rah   menciptakan jadwal latihan lanjut |  10.2     Bermusyawarah menciptakan jadwal latihan lanjut | |||
|  11 |  11.   Memahami   gejala jejak peta dalam kepramukaan |  11.1 Mengetahui banyak sekali   tanda jejak dan peta dalam kepramukaan |  11.1     Mengetahui banyak sekali tanda jejak dan peta dalam kepramukaan |  Mencari jejak dan   penggunaan peta | 
|  11.2 Menggunakan tanda   jejak dan peta dalam kepramukaan |  11.2     Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan | |||
|  12 |  12.   Memahami   definisi dan praktek P3K |  12.1 Mengetahui arti P3K |  12.1     Mengetahui arti P3K |  P3K | 
|  12.2 Mengetahui cara dalam   praktek P3K |  12.2     Mengetahui cara praktek P3K | |||
|  12.3 Memperagakan P3K dan   PPSD |  12.2     Memperagakan P3K dan PPGD | |||
|  13 |  13.   Memahami   definisi jelajah alam dan out bound |  13.1 Mengetahui pengertian   dasar jelajah alam dan outbond |  13.1     Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan out bound |  Jelajah alam dan out bout | 
|  13.2 Mengetahui   macam-macam jenis out bound |  13.2     Mengetahui macam-macam jenis outbound | |||
|  13.3 Jelajah alam dan out   bound sederhana |  13.3   Jelajah   alam dan out bout sederhana | |||
|  14 |  14.     Memahami  macam-macam lagu wajib dan lagu daerah. |  14.1 Mengetahui macam-   macam lagu wajib dan lagu daerah |  14.1     Mengetahui macam-macam lagu wajib dan lagu daerah |  Lagu-lagu wajib dan daerah | 
|  14.2 Menyanyikan lagu   wajib dan tempat dengan lafal dan intonasi yang benar |  14.2     Menyanyikan lagu wajib dan salh satu lagu tempat dengan lafal dan intonasi   yang benar | |||
|  15 |  15.   Memahami   makna bakti karya Penggalang.   |  15.1 Mengetahui makna   bakti karya Penggalang |  15.1     Mengetahui makna bakti karya Penggalang |  Bakti karya | 
|  15.2 Bakti karya   Penggalang untuk desa |  15.2   Bakti   karya penggalang untuk masyarakat pegunungan | 
 SILABUS KEGIATAN PRAMUKA PENGGALANG RAKIT
  GUGUS DEPAN SMPN 3 SAKETI
 |  Standar Kompetensi |  Kompetensi Dasar |  Indikator |  Materi | 
|  1.  Memahami sejarah   singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan pramuka dalam   segala aspek kehidupan |  1.1   Mengetahui   sejarah singkat pramuka dunia |  *    Menyebutkan   tokoh pramuka dunia |  Sejarah Kepramukaan dan   kode kehormatan Pramuka | 
|  *      Menyebutkan organisasi  pramuka dunia | |||
|  1.2   Mengetahui   sejarah singkat pramuka di Indonesia |  Menjelaskan Sejarah   singkat pramuka di Indonesia | ||
|  *      Menyebutkan tokoh pramuka Indonesia | |||
|  1.3   Mengetahui   dan mengamal kan Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan   keluarga, sekolah & masyarakat |  *      Menjelaskan isiTri Satya dan Dasa Dharma Pramuka |  Dasa Dharma dan Trisatya | |
|  *      Menerapkan  isi Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka | |||
|  2.  Memahami makna   PBB serta manfaat PBB dalam pendi- dikan kepramuka an serta bisa   mengimplementasikan dalam upacaraPENGGALANG |  2.1     Memperagakan gerak lanjut dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri,   balik kanan / kiri) |  *      Latihan PBB dasar |  PBB dan Latihan Upacara | 
|  2.2     Memperagakan upacaraPenggalang  di  lapangan |  *      Latihan perilaku tepat hingga gerak jalan | ||
|  *      Menulis langkah-langkah upacara | |||
|  *  UpacaraPenggalang | |||
|  3.  Memahami macam-   macam SANDI dan mengetahui fungsi bendera Semaphore |  3.1   Mengetahui   macam-macam SANDI |  *      Mengungkapan Isi suatu SANDI |  SANDI dan SEMAPHORE | 
|  3.2   Mengetahui   fungsi bendera Semaphore |  *    Menyebutkan   fungsi SANDI dan semaphore | ||
|  3.3     Memperagakan bendera semaphore dengan benar |  *      Memperagakan bendera Semaphore | ||
|  4.  Memahami kegunaan   kompas dalam kehidupan sehari-hari |  4.1     Menggunakan pedoman kompas dengan benar |  *      Menggunakan pedoman kompas dalam berkemah |  Pedoman Kompas | 
|  5.    Memahami penggu naan tali, cara mendirikan tenda dan berkemah |  5.1   Membuat   macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat |  *      Membuat bermacam-macam simpul tali |  Tali temali, cara     mendirikan tenda, dan berkemah | 
|  5.2   Membuat   tandu dan kaki tiga |  *      Menyambung tongkat | ||
|  5.3   Mengetahui   cara dan praktek mendirikan tenda |  *      Membuat tandu | ||
|  *      Membuat kaki 3 | |||
|  *      Menyebutkan cara mendirikan tenda | |||
|  *      Mendirikan tenda | |||
|  6.  Memahami arti dan   manfaat api unggun dalam ke pramukaan |  6.1   Mengetahui   bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah |  *      Menyebutkan kegunaan api unggun |  Api unggun | 
|  6.2   Membuat   miniatur api unggun di lapangan sekolah |  *      Membuat miniatur api unggun di SD | ||
|  7.  Memahami resep   dasar memasak |  7.1   Membuat   resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana |  *      Membuat resep rujak an dan sayuran |  Tata Boga | 
|  7.2   Latihan   memasak  tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk) |  *      Memasak sayuran dan menciptakan lauk pauk | ||
|  8.  Memahami cara   menciptakan hasta karya |  8.1   Membuat   kerajinan dari jerami / dedaunan (atap gubug) |  *      Membuat anyaman atap gubug |  Hasta karya Pramuka | 
|  8.2   Membuat   kerajinan dari alam sekitar / barang bekas |  *      Membaut sendal kayu | ||
|  9.  Memahami lambang   gerakan pramuka serta tata struktur organisasi kepramukaan |  9.1   Mengetahui   lambang gerakan pramuka |  *      Menjelaskan arti lambang pramuka |  Lambang gerakan pramuka   dan struktur kepramukaan | 
|  9.2   Mengetahui   definisi struktur organisasi pramuka sekolah |  *      Menjelaskan arti struktur organisasi pramuka | ||
|  9.3   Membentuk   kepengurusan regu |  *      Membuat pengurus regu | ||
|  10.         Memahami  definisi musyawarah dan mufakat pramuka |  10.1 Mengetahui arti   musyawarah secara sederhana |  *      Menjelaskan arti musyawarah dan mufakat |  Musyawarah & mufakat   pramuka | 
|  10.2 Bermusyawa rah   menciptakan jadwal latihan lanjut |  *      Bermusyawarah menciptakan jadwal latihan | ||
|  11.  Memahami tanda-   tanda jejak  peta dalam kepramukaan |  11.1 Mengetahui banyak sekali   tanda jejak dan peta dalam kepramukaan |  *      Membuat tanda jejak dan peta penjelajahan |  Mencari jejak dan   penggunaan peta | 
|  11.2 Menggunakan tanda   jejak dan peta dalam kepramukaan |  *      Menggunakan tanda jejak dan peta jelajah | ||
|  12.  Memahami   definisi dan praktek P3K |  12.1 Mengetahui arti P3K |  *      Menjelaskan arti P3K |  P3K | 
|  12.2 Mengetahui cara dalam   praktek P3K |  *      Menyebutkan cara praktik P3K | ||
|  12.3 Memperagakan P3K dan   PPSD |  *      Praktik PPGD/P3K | ||
|  13.  Memahami   definisi jelajah alam dan outbond |  13.1 Mengetahui pengertian   dasar jelajah alam dan outbond |  *      Menjelaskan arti jelajah alam & out bound |  Jelajah alam dan outbound | 
|  13.2 Mengetahui   macam-macam jenis out bound |  *      Menyebutkan macam- macam jenis out bound | ||
|  13.3 Jelajah alam dan out   bound sederhana |  *      Penjelajahan dan out bound | ||
|  14.  Memahami   macam-macam lagu wajib dan lagu daerah. |  14.1 Mengetahui macam-   macam lagu wajib dan lagu daerah |  *      Menyebutkan macam- macam lagu wajib dan daerah |  Lagu  - lagu wajib   dan daerah | 
|  14.2 Menyanyikan lagu   wajib dan tempat dengan lafal dan intonasi yang benar |  *      Menyanyikan lagu Indonesia Raya | ||
|  *      Menyanyikan 2 lagu daerah | |||
|  15.  Mengetahui makna   bakti karya penggalang |  15.1 Mengetahui makna   bakti karya Penggalang |  *      Menjelaskan arti dan tujuan Bakti Karya   Penggalang |  Bakti Karya PENGGALANG | 
|  15.2 Bakti karya   Penggalang untuk desa |  *    Bakti   karya penggalang untuk masyarakat pegunungan | 
 SILABUS KEGIATAN PRAMUKA PENGGALANG TERAP  GUGUS DEPAN SMPN 3 SAKETI
 |  Standar Kompetensi |  Kompetensi Dasar |  Indikator |  Materi | 
|  1.  Memahami sejarah   singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan pramuka dalam   segala aspek kehidupan |  1.1   Mengetahui   sejarah singkat pramuka dunia |  *    Menganalis   nilai-nilai usaha para tokoh pramuka dunia |  Sejarah Kepramukaan dan   kode kehormatan Pramuka | 
|  *      Menganalisis kiprah organisasi pramuka dunia | |||
|  1.2   Mengetahui   sejarah singkat pramuka di Indonesia |  Mendeskripsikan sejatah   pramuka Indonesia | ||
|  Mengidentifikasi   nilai-nilai kepramukaan pada  tokoh pramuka Indonesia | |||
|  1.3   Mengetahui   dan mengamal kan Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan   keluarga, sekolah & masyarakat |  Menganalisis isi   Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka |  Dasa Dharma dan Trisatya | |
|  Memberikan contoh   penerapan  isi Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka | |||
|  2.  Memahami makna   PBB serta manfaat PBB dalam pendi- dikan kepramuka an serta bisa   mengimplementasikan dalam upacaraPENGGALANG |  2.1     Memperagakan gerak lanjut dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri,   balik kanan / kiri) |  *      Latihan PBB lanjutan |  PBB dan Latihan Upacara | 
|  2.2     Memperagakan upacara Penggalang  di  lapangan |  *      Menulis langkah-langkah upacara | ||
|  *      Latihan petugas upacra | |||
|  *   Mempraktekan   UpacaraPenggalag | |||
|  3.  Memahami macam-   macam SANDI dan mengetahui fungsi bendera Semaphore |  3.1   Mengetahui   macam-macam SANDI |  *      Membuatu contoh  SANDI |  SANDI dan SEMAPHORE | 
|  3.2   Mengetahui   fungsi bendera Semaphore |  *    Menganalisis   kegunaan  SANDI dan semaphore | ||
|  3.3     Memperagakan bendera semaphore dengan benar |  *      Memperagakan bendera Semaphore | ||
|  4.  Memahami kegunaan   kompas dalam kehidupan sehari-hari |  4.1     Menggunakan pedoman kompas dengan benar |  Melatih penghitungan dan   pengukuran arah yang dituju. |  Pemnfaatan Kompas | 
|  5.    Memahami penggu naan tali, cara mendirikan tenda dan berkemah |  5.1   Membuat   macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat |  Mengetahui pembuatn   Tandu-Tali Temali. |  Tali temali, cara     mendirikan tenda, dan berkemah | 
|  5.2   Membuat   tandu dan kaki tiga |  Membuat tandu | ||
|  5.3   Mengetahui   cara dan praktek mendirikan tenda |  Mendirikan tenda | ||
|  6.  Memahami arti dan   manfaat api unggun dalam ke pramukaan |  6.1   Mengetahui   bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah |  *      Menganalisis manfaat api unggun |  Api unggun | 
|  6.2   Membuat   miniatur api unggun di lapangan sekolah |  *      Membuat miniatur api unggun | ||
|  7.  Memahami resep   dasar memasak |  7.1   Membuat   resep kuliner ringan |  *      Membuat resep kuliner ringan |  Tata Boga | 
|  7.2   Latihan   memasak  tingkat lanjut (membuat kuliner ringan) |  *      Membuat atau memasak kuliner ringan | ||
|  8.  Memahami cara   menciptakan hasta karya |  8.1   Membuat   kerajinan dari jerami / dedaunan (atap gubug) |  Mampu mengembangkan   kreativitas secara berdikari atau beregu. |  Hasta karya Pramuka | 
|  8.2   Membuat   kerajinan dari alam sekitar / barang bekas |  Membauat kerajinan tangan   secara berdikari dan beregu | ||
|  9.  Memahami lambang   gerakan pramuka serta tata struktur organisasi kepramukaan |  9.1   Mengetahui   lambang gerakan pramuka |  *      Menjelaskan arti lambang pramuka |  Lambang gerakan pramuka   dan struktur kepramukaan | 
|  9.2   Mengetahui   definisi struktur organisasi pramuka sekolah |  *      Menjelaskan arti struktur organisasi pramuka | ||
|  9.3   Membentuk   kepengurusan regu |  *      Membuat pengurus regu | ||
|  10.         Memahami  definisi musyawarah dan mufakat pramuka |  10.1 Mengetahui arti   musyawarah secara sederhana |  *      Mengindentifikasi nilai-nilai musyawarah dan mufakat |  Musyawarah & mufakat   pramuka | 
|  10.2 Bermusyawa rah   menciptakan jadwal latihan lanjut |  *      Mempraktekan kegiatan musyawarah | ||
|  11.  Memahami tanda-   tanda jejak  peta dalam kepramukaan |  11.1 Mengetahui banyak sekali   tanda jejak dan peta dalam kepramukaan |  Membaca peta medan di atas   kertas dan sanggup mengukur ketinggian yang akan dituju. |  Panorama | 
|  11.2 Menggunakan tanda   jejak dan peta dalam kepramukaan |  *    Mampu   menciptakan dan memindahkan medan ke dalam secarik kertas menjadi sebuah peta |  Peta-Pita | |
|  12.  Memahami   definisi dan praktek P3K |  12.1 Mengetahui arti P3K |  *      Mengetahui obat yang akan diberikan kepada rekan yang luka ringan. |  P3K | 
|  12.2 Mengetahui cara dalam   praktek P3K |  *      Mengetahui cara penggunaan obat yang akan diberikan kepada rekan yang luka   ringan. | ||
|  12.3 Memperagakan P3K dan   PPSD |  *      Praktik PPGD/P3K | ||
|  13.  Memahami   definisi jelajah alam dan outbond |  13.1 Mengetahui pengertian   dasar jelajah alam dan outbond |  *      Menjelaskan arti jelajah alam & out bound |  Jelajah alam dan outbound | 
|  13.2 Mengetahui   macam-macam jenis out bound |  *      Menyebutkan macam- macam jenis out bound | ||
|  13.3 Jelajah alam dan out   bound sederhana |  *      Penjelajahan dan out bound | ||
|  14.  Memahami   macam-macam lagu wajib dan lagu daerah. |  14.1 Mengetahui macam-   macam lagu wajib dan lagu daerah |  *      Menyebutkan macam- macam lagu wajib dan daerah |  Lagu  - lagu wajib   dan daerah | 
|  14.2 Menyanyikan lagu   wajib dan tempat dengan lafal dan intonasi   yang benar |  *      Menyanyikan lagu Indonesia Raya | ||
|  *      Menyanyikan 3  lagu daerah | |||
|  15.  Mengetahui makna   bakti karya penggalang |  15.1 Mengetahui makna   bakti karya Penggalang |  *      Menganalisis arti dan tujuan Bakti Karya   Penggalang |  Bakti Karya PENGGALANG | 
|  15.2 Bakti karya   Penggalang untuk desa |  *    Bakti   karya penggalang untuk masyarakat pedesaan | 
 BAB III ORGANISASI DAN TATA KELOLA
  A.     Susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan
  Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) disusun menurut jabatan dinas di suatu gugus depan. Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) terdiri dari unsur pejabat di sekolah tempat gugus depan tersebut berada. Adapun susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan sanggup dibarkan sebagai berikut :
  1.      Ketua               :    (Kepala Sekolah)
  2.      Anggota           :    (Wakil Kepala Sekolah)
  3.      Anggota           :    ( Pembina OSIS)
  4.      Anggota           :    (Guru)
  5.      Anggota           :     (Pembina Harian Putra)
  6.      Anggota           :    (Pembina Harian Putri)
  B.    Susunan Pengurus Dewan Kerja Penggalang
  Dewan Kerja Penggalang pada prinsipnya yaitu dewan kerja gugus depan yang bertugas melaksanakan kegiatan kepramukaan di lingkungan gugus depan. Dewan kerja bertugas membantu pembina pramuka dalam menjalankan kegiatan kepramukaan. Disamping itu Dewan Kerja Penggalang juga berfungsi panitia kegiatan untuk kegiatan-kegiatan kepramukaan yang bersifat kecil, mendadak, atau rutin. Sedang untuk kegiatan yang bersifat besar atau insidental dibuat panitia kegiatan tersendiri.
  Unsur yang membentuk Dewan Kerja Penggalang terdiri dari pemimpin regu utama (pratama), pemimpin regu (pinru) dan wakil pemimpin regu (wapinru), serta anggota pramuka yang dianggap cakap. Adapun susunan pengurus Dewan Kerja Penggalang Gudep  Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Saketi sebagai berikut:
  1.    Ketua                        :   
  2.    Wakil Ketua             :   
  3.    Sekretaris I              :   
  4.    Sekretaris II             :   
  5.    Bendahara I            :   
  6.    Bendahara II           :   
  7.    Seksi-Seksi             :
  a.  Bidang Kegiatan dan Operasional Teknik Kepramukaan (Giatoptekpram):
  1.     
  2.     
  3.     
  4.     
  b.  Bidang Adminsitrasi dan Organisasi
  1.   
  2.   
  3.   
  4.   
  c.   Bidang Hubungan Masyarakat
  1.     
  2.     
  3.     
  4.     
  C.    Dewan Kehormatan Penggalang
  Dewan Kehormatan Penggalang terdiri atas anggota pramuka yang sudah mencapai Terap dan sudah kelas III. Dewan Kehormatan bekerja kalau diharapkan dalam kegiatan insidental. Dewan Kehormatan Penggalang memiliki kiprah menawarkan masukan, saran atau nasehat serta membantu pembina dalam menawarkan evaluasi terhadap kinerja Dewan Kerja Penggalang. Adapun susunan Dewan Kehormatan Penggalang yaitu :
  1.      Ketua                         :   
  2.      Anggota                    :   
  3.      Anggota                    :   
  4.      Anggota                    :   
  5.      Anggota                    :   
  6.      Anggota                    :   
  D.    Struktur Organisasi Gudep
  Terlampir
  E.   Pengelompokkan Peserta / Anggota
  Peserta kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dikelompok dalam 3 kolompok yakni 1) Kelompok Penggalang Ramu; 2) Kelompok Penggalang Rakit; 3) Kelompok Penggalang Terap, Dengan ketentuan sbb:
  1)    Peserta didik yang belum pernah mengikuti peresmian penggalang Ramu dikala di Sekola Dasar, masuk dalam kelompok Penggalang Ramu.
  2)    Peserta didik yang telah mengikuti pelatikan penggalang Ramu, penggalang Rakit, maupun Penggalang terap (dibuktikan dengan SKU) pada dikala di SD dimasukkan dalam kelompok Penggalang Rakit.
  3)    Kelompok Penggalang Terap, hanya diperuntukan  bagi penerima didik yang telah mengikuti pelatikan penggalang Rakit pada dikala ia telah menjadi siswa SMP.
  Untuk keperluan tersebut dibutuhkan minimal 3 orang Pembina. Namun apabila diberlakukan kelas/kelompok terpisah (pa/pi), dibutuhkan minimal 6 orang Pembina.
  F. Pelaksanaan Latihan / Kegiatan
  1.    Pelaksanaan kegiatan latihan rutin dilakukan di sekolah satu ahad satu kali.
  2.    Pelaksanaan latihan lebih difokuskan pada kegiatan praktek dan tetap memperhatikan ketertiban dan keamanan, berupa kegiatan konkret yang memberi kesempatan kepada penerima didik menerapkan pengetahuan dan kecakapan yang sesuai dengan usia.
  3.    Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara mudah yaitu : sederhana, mudah, memanfaatkan sumberdaya yang ada dan menghemat biaya tetapi berhasil guna dan tepat guna.
  4.    Setiap Pembina pramuka wajib menciptakan Program Tahunan, Program Semester dan Rencana PelaksanaanKegiatan (RPK)
  G. Penilaian Kegiatan Pramuka
  Penilaian  Pendidikan  Kepramukaan  mencakup  hal-hal  sebagai berikut:
  1)    Penilaian dilakukan lebih banyak secara kualitatif.
  2)    Peserta  didik  diwajibkan  untuk  mendapatka nnilai minimal baik pada  kegiatan  ekstrakurikuler  wajib  pada  setiap semester.
  3)    Nilai yang  diperoleh  pada  kegiatan  Ekstrakurikuler  Wajib Kepramukaan kuat terhadap kenaikan kelas penerima didik.
  4)    Apabila Nilai  di  bawah baik dalam  dua  semester  atau  satu  tahun namun menurut keputusan rapat guru akan dinaikan, penerima didik yang bersangkutan harus mengikuti  program  khusus  yang  diselenggarakan  bagi  mereka (Modifikasi Prilaku)
  5)    Kriteria  keberhasilan kompetensi lebih  ditentukan  oleh proses dan keikutsertaan penerima didik.
  6)    Proses evaluasi dilaksanakan setiap kali latihan dan setiap hari di dalam proses training pramuka.
  7)    Proses  penilaian  dilaksanakan  dengan  metode  Observasi dan Partisipasi.
  8)    Proses  penilaian  Keterampilan  Kepramukaan  diubahsuaikan dengan  Kompetensi  Dasar  dari  masing-masing  Tema  dan Matapelajaran.  sebagai  penguatan  yang  bermuatan  Nilai  Sikap dan Keterampilan dalam Kurikulum 2013.
  9)    Proses  Penilaian  dilakukan  oleh  Teman,  Guru  Kelas/Guru Matapelajaran,  Pemangku  Kegiatan  dan/atau  Pembina Pramuka.
  10) Pelaporan nilai dituangkan dalam bentuk deskripstif dengan mengacu kriteria.
  BAB IV PENUTUP
  Demikian acara kerja Gugus Depan  Pangkalan Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Saketi tersusun, dengan impian sanggup menjadi contoh bagi gerak dan kerja pramuka di gugus depan. Disamping itu acara kerja ini diharapkan sanggup menjadi pedoman bagi sekolah dalam memilih kebijakan yang berafiliasi dengan kegiatan kepramukaan pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Saketi.
  Perlu disadari bahwa dalam penyusunan acara kerja ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh lantaran itu saran dan kritik sangat diharapkan demi perbaikan dan penyempurnaan acara kerja ini. Akhirnya semoga acara kerja ini sanggup bermanfaat bagi semua.
  Bagi Anda yang ingin mendownload silahkan melalui link berikut ini
  LINK DOWNLOAD CONTOH PROGRAMKERJA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (DISINI)
 
Demikian Contoh Program Kerja Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Semoga bermanfaat bagi Bapak/Ibu atau Kakak-kakak Pembina pramuka.
 Demikian Contoh Program Kerja Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Semoga bermanfaat bagi Bapak/Ibu atau Kakak-kakak Pembina pramuka.
 =========================================
 