Arti Penting Kerjasama Dalam Aneka Macam Bidang Kehidupan

Arti Penting Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan
Kerjasama (cooperation) dimaksudkan sebagai perjuangan bersama antara orang perorangan atau kelompok insan untuk mencapai suatu atau beberapa tujuan bersama. Bentuk dan pola-pola kerjasama sanggup dijumpai pada semua kelompok manusia. Kebiasaan-kebiasaan dan sikap-sikap demikian dimulai semenjak masa kanak-kanak di dalam kehidupan keluarga atau kelompok-kelompok kekerabatan. Atas dasar itu anak tersebut akan menggambarkan bermacam-macam contoh kerjasama sehabis beliau menjadi dewasa. Bentuk kerjasama tersebut berkembang apabila orang sanggup digerakkan  untuk mencapai suatu tujuan bersama dan harus ada kesadaran bahwa tujuan tersebut dikemudian hari mempunyai manfaat bagi semua.

Kerjasama timbul apabila orang menyadari bahwa mereka mempunyai kepentingan-kepentingan yang sama dan pada ketika yang bersamaan mempunyai cukup pengetahuan dan pengendalian terhadap diri sendiri untuk memenuhi kepentingan tersebut; kesadaran akan adanya kepentingan-kepentingan yang sama dan adanya organisasi merupakan faktor-faktor yang penting dalam kerjasama yang berguna. (Soekanto, 2002 : 73).

Seperti diketahui masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang beragam baik dilihat dari aspek bahasa, budaya, agama, maupun kelompok-kelompok sosial. Dalam masyarakat beragam menyerupai Indonesia, Kerjasama ini bukan saja sebagai sebuah  kewajiban, tetapi lebih sebuah kebutuhan bagi seseorang. Untuk sanggup berhubungan setiap orang sebagai anggota masyarakat harus berbagi sikap-sikap yang mendukung terjadinya kerjasama dalam masyarakat.

Arti penting kolaborasi dalam banyak sekali bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa  dan  bernegara  akan  memperkokoh  persatuan  dan  kesatuan bangsa.  Oleh  karena  itu,  kita  harus  menyadari  adanya  keberagaman  dalam kehidupan di masyarakat. Adanya keberagaman itu, justru mendorong setiap warga negara berbagi persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh alasannya itu, dalam pergaulan di masyarakat, setiap warga negara harus menjauhkan diri dari sikap eksklusivisme. Sikap eksklusivisme sanggup memecah belah persatuan  dan  kesatuan  bangsa  karena  membuat  kelompok  sendiri  tanpa mau  melakukan  kerja  sama  dengan warga  negara  lainnya  dalam  banyak sekali bidang kehidupan untuk memajukan bangsa dan negara Indonesia.
Lalu apa manfaat kerjasama untuk kepentingan eksklusif insan itu sendiri? Kusnadi (2003) menyampaikan bahwa menurut penelitian kerjasama mempunyai beberapa manfaat, ialah sebagai berikut:
1.   Kerja sama mendorong persaingan di dalam pencapaian tujuan dan peningkatan produktivitas.
2.   Kerja sama mendorong banyak sekali upaya individu semoga sanggup bekerja lebih produktif, efektif, dan efisien.
3.   Kerja sama mendorong terciptanya sinergi sehingga biaya operasionalisasi akan menjadi semakin rendah yang menjadikan kemampuan bersaing meningkat.
4.   Kerja sama mendorong terciptanya kekerabatan yang serasi antarpihak terkait serta meningkatkan rasa kesetiakawanan.
5.   Kerja sama membuat praktek yang sehat serta meningkatkan semangat kelompok.
6.   Kerja sama mendorong ikut serta mempunyai situasi dan keadaan yang terjadi dilingkungannya, sehingga secara otomatis akan ikut menjaga dan melestarikan situasi dan kondisi yang telah baik.



= Baca Juga =



LihatTutupKomentar