RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN (RPL)
  SATUAN LAYANAN BK KLASIKAL
   Satuan Pendidikan   |     : Sekolah Menengan Atas Negeri 1 .......................   |   
 Kelas/Semester   |     : XI / I   |   
 Waktu     |     : 1  X 40  menit   |   
 MATERI LAYANAN   |     :   |     BAB  I    SERUNYA KELAS XI   A   SEMANGAT BARU DI AWAL TAHUN    |   
 ASPEK DAN TUGAS PERKEMBANGAN   |     :   |     7.  Pengembangan pribadi   |   
 NILAI KARAKTER   |     :   |     Jujur, Disiplin, Kerja   Keras, Mandiri, Bersahabat / Komunikatif, Tanggung Jawab   |   
 KOMPETENSI              |     :   |     Semangat   gres di kelas XI   |   
 INDIKATOR   |     :   |     Dapat   menyesuaikan diri   |   
 BIDANG LAYANAN   |     :   |     Sosial   |   
 TUJUAN LAYANAN   |     :   |     Peserta   didik mencicipi suasana berguru yang nyaman di kelas XI   |   
 FUNGSI LAYANAN   |     :   |     Pemahaman,   Penyesuaian, Penyaluran, Preventif, Pemeliharaan, Pengembangan   |   
 METODE   |     :   |     Kooperatif   Learning,  Joyfull Learning   |   
 SUMBER LAYANAN    |     :   |     Modul B -  Psikologi Remaj,   Dinamika Kelompok   |   
 LANGKAH-LANGKAH LAYANAN :   |   ||
 KEGIATAN PELAYANAN KLASIKAL   |      WAKTU   |    
 A.   Pendahuluan   1.      Memberi salam, menilik kehadiran penerima didik dan   kebersihan kelas.   2.      Apersepsi dan motivasi : Maju di kelas VIII, penting   tidak ya ?   3.      Menjelaskan tujuan pelayanan klasikal dan aspek   perkembangan yang akan dicapai sesuai dengan RPL Silabus.   |     10 ’   |   
 B.   Kegiatan Inti   1.    Proses    •    Eksplorasi  : menggunakan   media flip-chart untuk menyanyikan bersama lagu ”MAJU KELAS XI”    •    Elaborasi    : peserta   didik mengemukakan gagasan baru  secara   verbal ”SERUNYA KELAS XI” untuk berprestasi.   •    Konfirmasi  : memberikan konfirmasi terhadap   pengalaman pada awal tahun di kelas XI.   2.    Aspek CTL    •      Konstruktivisme (membangun) : Grateful to   God, Parent’s support, Thank you my teachers, My great best friends yaitu   yang menciptakan penerima didik mencicipi seru berada di kelas XI.   •     dapat berada di kelas XI alasannya prestasinya   dan sumbangan dari para guru kelas XI.   •    Authentic   Assessment (penilaian yang sebenarnya) : Peserta didik menyelesaikan   kiprah di modul BK dengan menuliskan syair lagu atau puisi Kelas XI.   3.    Kecakapan Hidup    •     .Kooperatif : bersemangat untuk maju di   kelas XI   |     25’   |   
 C.   Penutup   1.      Kesimpulan : penerima didik dan guru BK menyimpulkan .   semangat berada di kelas XI   2.      Refleksi       : semangat dan maju di kelas XI   melalui lagu ”Maju Kelas XI”   |     5 ’   |   
 I.        PENILAIAN
  TEKNIK   |     BENTUK   |     TAHAP PENILAIAN   |   
 Penilaian diri   |     Pendapat pribadi   |     Laiseg     :   Semangat di kelas XI   Laijapen : Semangat berguru di kelas XI   Laijapan : Prestasi tercapai    |   
A. Diberikan reward jikalau ada perubahan perilaku pada penerima didik berjulukan :
B. Diberikan Perhatian Khusus (PK) bagi penerima didik yang belum ada perubahan perilaku bernama
Mengetahui, .............................., Juli 2017
Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 1 ............... Guru BK Kelas XI
.................................... ................................................
NIP. NIP. –