RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN (RPL)
  SATUAN LAYANAN BK KLASIKAL
  Satuan Pendidikan   |     : Sekolah Menengan Atas Negeri .......................   |   
 Kelas/Semester   |     : XII   / 2   |   
 Waktu     |     : 1  X 40  menit   |   
 MATERI LAYANAN   |     :   |     BAB  V  MY   GOAL AND CAREER   D   PERGURUAN TINGGI   |   
 ASPEK PERKEMBANGAN   |     :   |     7   Pengembangan Pribadi   |   
 NILAI KARAKTER   |     :   |     Jujur,   Disiplin, Kerja Keras, Mandiri, Bersahabat / Komunikatif, Tanggung Jawab   |   
 KOMPETENSI              |     :   |     Mengetahui dunia Perguruan Tinggi   |   
 INDIKATOR   |     :   |     Memahami bidang pendidikan di   Perguruan Tinggi   |   
 BIDANG LAYANAN   |     :   |     Karir   |   
 TUJUAN LAYANAN   |     :   |     Peserta   didik sanggup  menentukan pilihan sekolah   lanjutan hingga ke Perguruan Tinggi   |   
 FUNGSI LAYANAN   |     :   |     Pemahaman, Penyesuaian, Penyaluran, Preventif, Pemeliharaan, Pengembangan   |   
 METODE   |     :   |     Kooperatif Learning,  Joyfull   Learning   |   
 SUMBER LAYANAN    |     :   |     Modul BK, Psikologi Remaja, Dinamika Kelompok   |   
 LANGKAH-LANGKAH LAYANAN :   |   ||
 KEGIATAN PELAYANAN KLASIKAL   |      WAKTU   |    
 A.   Pendahuluan   1.      Memberi salam, menilik kehadiran penerima didik dan   kebersihan kelas.   2.      Apersepsi dan motivasi : Apa yang kalian ketahui   perihal Perguruan Tinggi ?   3.      Menjelaskan tujuan pelayanan klasikal, aspek dan kiprah   perkembangan yang akan dicapai sesuai dengan RPL Silabus.   |     10 ’   |   
 B.   Kegiatan Inti   1.    Proses    ·           Eksplorasi  :  peserta   didik memperhatikan dan memahami media BK ”Bagan Perguruan Tinggi”.   ·           Elaborasi    :  peserta   didik mengemukakan jenis-jenis Perguruan Tinggi di Indonesia dan   persyaratannya.   ·           Konfirmasi  : memberikan   konfirmasi terhadap pengalaman mencar ilmu sehari-hari agar sanggup masuk ke   Perguruan Tinggi.   2.    Aspek CTL    ·           Questioning (bertanya) : tanya jawab bervariasi   mengenai dunia Perguruan Tinggi.   ·           Learning Community (masyarakat belajar) : penerima didik   membahas bersama perihal dunia Perguruan Tinggi.   ·           Authentic Assessment (penilaian yang sebenarnya) :   penerima didik memahami stuktur kurikulum di Perguruan Tinggi   3.    Kecakapan Hidup    •    Kooperatif   : penerima didik memahami dunia Perguruan Tinggi.   |     25’   |   
 C.   Penutup   1.      Kesimpulan : penerima didik dan guru BK menyimpulkan   perlunya mengetahui dunia Perguruan Tinggi semenjak dini.   2.      Refleksi       : persyaratan ke Perguruan Tinggi.   |     5 ’   |   
 I.  PENILAIAN
  TEKNIK   |     BENTUK   |     TAHAP PENILAIAN   |   
 Penilaian   diri   |     Bagan   jenis-jenis Perguruan Tinggi.   |     Laiseg    :   Mencari isu Perguruan Tinggi   Laijapen : Menentukan kuliah berdasarkan   isu yang benar, ekonomi keluarga disertai kemampuan, talenta dan minat.   Laijapan   : Merencanakan kuliah.   |   
 I.  CATATAN KHUSUS
  A.  Diberikan reward kalau ada perubahan perilaku pada penerima didik berjulukan :   
  B.  Diberikan Perhatian Khusus (PK) bagi penerima didik yang belum ada perubahan perilaku bernama  
  Mengetahui,                                                                        .......................,    Juli 2017       
  Kepala  SMA Negeri ...............                                   Guru BK Kelas XII
  ....................................                                                ................................................ 
  NIP.                                                                             NIP.